Gizi dan Kesehatan: Pentingnya Menerapkan Pola Makan Seimbang dan Penuh Nutrisi

Gizi adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Proses gizi melibatkan penyerapan dan pemanfaatan makanan yang digunakan untuk pertumbuhan, perbaikan, dan perawatan tubuh. Demikian disampaikan Ketua Umum Perkumpulan Induk Organisasi Kesehatan Tradisional Indonesia (PIKTI), Dr.dr.Ekawahyu Kasih, SH,MH,SE,MM,S.Pd,M.Pd. dalam e-seminar belum lama ini.

Dokter Eka menjelaskan, ilmu gizi mempelajari bagaimana makanan dimetabolisme oleh tubuh, menjadi zat-zat penting seperti gizi dan non-gizi yang berperan dalam membentuk jaringan dan organ tubuh.

“Pertumbuhan fisik, perkembangan mental, kecerdasan, dan produktivitas merupakan hasil dari sistem gizi yang sehat.”

Pentingnya Pola Makan yang Seimbang

Dalam mencapai kesehatan optimal, penting untuk mengadopsi pola makan yang seimbang dan penuh nutrisi. Diet yang sehat membantu menjaga berat badan yang terkontrol serta mencegah berbagai masalah kesehatan.

Pola makan seimbang dapat mencakup berbagai jenis makanan, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Malnutrisi: Ketidakseimbangan Nutrisi yang Perlu Diwaspadai

Malnutrisi adalah kondisi ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh, baik kekurangan maupun kelebihan. Ketidakcukupan asupan vitamin dan mineral dapat mengakibatkan defisiensi nutrisi, seperti wasting (berat badan kurang dibanding tinggi) atau stunting (tinggi badan kurang dibanding usia).

Di sisi lain, kelebihan nutrisi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan serius, seperti overweight (berat badan lebih dari normal) dan obesity (berat badan jauh lebih dari normal).

Dampak Buruk Malnutrisi pada Kesehatan

Malnutrisi memiliki dampak buruk pada kesehatan. Pada anak-anak, malnutrisi serius dapat menghambat perkembangan kepribadian dan bahkan berpotensi menyebabkan keterbelakangan mental.

Dampak ini bisa bertahan seumur hidup, terutama jika tidak segera ditangani.

Gejala malnutrisi meliputi penurunan berat badan drastis, kelelahan parah, gangguan pada sistem imun, serta risiko komplikasi setelah operasi.

Mengatasi Malnutrisi dan Menjaga Kesehatan

Penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatan dan mencegah malnutrisi dengan cara-cara berikut:

Makan dalam Porsi yang Cukup: Pastikan asupan makanan harian sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak terlalu kurang maupun berlebihan.

Pilih Nutrisi yang Seimbang: Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral.

Makanan Bergizi: Pilih makanan dan minuman bergizi sebagai bagian dari pola makan harian.

Camilan Sehat: Pilih camilan sehat yang memberikan nutrisi tambahan dan menghindari camilan yang tinggi gula dan lemak.

Pantau Berat Badan: Jaga berat badan dengan tetap aktif secara fisik dan mengatur pola makan.

“Kesimpulannya, gizi yang seimbang dan penuh nutrisi adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh,” ujar dokter Eka.

Malnutrisi dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan serius, baik kekurangan maupun kelebihan nutrisi.

Dia melanjutkan, oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk mengadopsi pola makan sehat dan mendukung upaya pemerintah dalam memberantas malnutrisi demi menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera. [ab]

Diterbitkan oleh Ananta Bangun

Wordsmith!

3 tanggapan untuk “Gizi dan Kesehatan: Pentingnya Menerapkan Pola Makan Seimbang dan Penuh Nutrisi

  1. Ping-balik: Gaffi Shop

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: